Minggu, 28 Maret 2010

5 kekuatan pembentuk persaingan pasar:

1. Substitusi
Subtitusi pt.garuda adalah pt. mandala airlines, pt.lion air, pt.lion air.
Sustitusi yang dimaksud adalah maskapai yang dapat mengganti pt.garuda.

2. Pemasok
Pemasok disini harus diutamakan produk ang menjuak produk dalam negeri, sebagai wujud cinta produk dalam negeri.

3. Persaingan antar penjual dalm satu industri
Disini, yang menjadi pesaing dalam satu industri di pt.garuda adalah maskapai yang secara kualitas dan kuantitas memiliki daya saing seperti di pt.garuda. Seperti: pt.mandala, pt.lion air, dll.

4.Pembeli
Umumnya yang menggunakan jasa maskapai penerbangan ini adalah masyarakat menengah atas. Tapi, tidak menutup kemungkinan masyarakat menengah bawah juga dapat menggunakan jasa penerbangan ini.

5. Pendatang baru potensial
Pendatang baru yang dapat dikatakan potensial akhir2 ini, ada: air asia, wings air, dll.


Strategi yang harus dilakukan menghadapi lima kekuatan tsb:
Dengan cara mengutamakn kepuasan konsumen, memberi pelayanan terbaik ke konsumen, dan menjaga hubungan yang baik terhadap pemasok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar